Rekomendasi Kamera untuk Youtuber Pemula

Youtube adalah sebuah situs web berbagi video sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 dan berkembang sangat pesat hingga sekarang. Itu didasari oleh para seniman, artis, pengusaha dan tokoh publik lainnya yang memanfaatkan youtube sebagai tempat untuk membuat suatu konten video hiburan dijaman sekarang dimana acara tontonan tv yang mulai membosankan.

Selain itu, para pembuat konten video tersebut juga memanfaatkan youtube sebagai tempat untuk menghasilkan uang apalagi disaat seperti sekarang yang memaksa kita untuk tetap dirumah. Bahkan bagi sebagian orang, bukan merupakan suatu hiburan lagi melainkan sebagai mata pencaharian utama mereka.

Nah, untuk menjadi seorang youtuber pemula tentu kita harus menyiapkan kamera yang bagus agar bisa menghasilkan video yang bagus dan bisa menarik bagi semua orang yang menontonnya. Berikut adalah 7 kamera rekomendasi yang cocok untuk youtuber atau vlog.


1. Canon EOS M50

Canon EOS M50

Kamera ini menjadi pilihan ideal khususnya bagi para vlogger yang mendambakan kamera yang ringkas, ringan dan mudah dibawa kemana saja. Dengan berat hanya 390 gram kamera ini juga cocok dengan gimbal yang sudah beredar banyak dipasaran. Memiliki sensor CMOS 24MP dan teknologi Dual Pixel AF untuk melakukan continuous autofocus yang sangat baik disaat melakukan perekaman video. Ada juga layar sentuh 3 inci dengan engsel fully articulated yang bisa ditekuk dan diputar ke segala arah. Fitur lain seperti konektivitas Wi-Fi, NFC dan bluetooth juga dimilikinya.


Fitur Unggulan

Belanja Canon EOS M50 di GALAXYCAMERA.ID

2. Canon EOS M6 Mark II

Canon EOS M6 Mark II

Kamera ini juga bisa menjawab kebutuhan pengguna vlogger yang menginginkan kamera ringan. Walaupun memiliki bodi yang ringan, kamera ini tidak bisa diremehkan. Dipersenjatai teknologi Dual Pixel CMOS AF 32,5MP yang sanggup menghasilkan kualitas gambar yang tajam dan detail. Didukung autofocus tracking dan eye detection AF yang otomatis mengunci fokus pada mata subyek. Perekaman video 4K tanpa terpotong(crop) dan slow motion resolusi Full HD pada 120fps sanggup dijalankan dengan lancar.


Fitur Unggulan

Belanja Canon EOS M6 Mark II di GALAXYCAMERA.ID

3. Fujifilm X-A5

Fujifilm X-A5

Membidik segmen pemula, kamera ini hadir dengan interface menu yang sederhana dan bisa bikin cepat beradaptasi. Mengandalkan sensor CMOS beresolusi 24MP yang dapat menghasilkan foto dengan reproduksi warna dan detail yang amat baik. Untuk kebutuhan vlogging, layar sentuh kamera ini dapat diputar 180° keatas dan juga memiliki konektor untuk menancapkan mikrofon eksternal. Kamera ini sanggup merekam video 4K meski hanya dengan 15fps dan full HD pada 60fps.


Fitur Unggulan

Belanja Fujifilm X-A5 di GALAXYCAMERA.ID

4. Fujifilm X-A7

Fujifilm X-A7

Masih dengan desain ciri khas klasiknya, kamera ini memiliki bobot hanya 320 gram dengan segudang fitur dan pengoperasian yang sangat dimudahkan. Mempunyai sensor APS-C 24MP yang diklaim memiliki titik AF deteksi face 8,5x lebih banyak daripada X-A5 sebelumnya membuat hasil foto dan video terlihat lebih detail dan tajam. Sensitivitas ISO 100-12.800 yang dapat ditingkatkan menjadi 51.200. Fitur video juga ditingkatkan dengan perekaman 4K pada 30fps dan Full HD 1080p pada 60fps. Turut dibekali layar sentuh yang dapat diputar ke segala arah sehingga memudahkan pengambilan gambar dan video dari sudut yang sulit.


Fitur Unggulan

Belanja Fujifilm X-A7 di GALAXYCAMERA.ID

5. Panasonic Lumix G7K

Panasonic Lumix G7K

Fisik kamera menengah ini menyerupai DSLR tapi lebih compact dan ringan. Dengan sensor Micro Four Thirds 16MP sanggup merekam video 4K dengan frame rate 30 fps dalam mode khusus bernama “4K Photo Mode”. Jadi, dengan kamera ini, kamu ibaratnya memiliki kamera digital yang sanggup menjepret foto 30 kali dalam 1 detik! Kamera ini memiliki kemampuan untuk mengambil frame foto alias frame capture dari klip video 4K yang direkamnya. Layar yang bisa dilipat dan diputar juga memudahkan para vlogger dalam merekam video.


Fitur Unggulan

Belanja Panasonic Lumix G7K di GALAXYCAMERA.ID

6. Panasonic Lumix G85K

Panasonic Lumix G85K

Kamera ini sangat cocok digunakan di luar ruangan karena mempunyai bodi yang kuat dan tahan terhadap debu dan segala cuaca. Dengan masih menggunakan desain seperti DSLR, kamera ini mempunyai sensor Micro Four Thirds 16MP yang dipadu dengan peningkatan sistem stabilisasi menjadi 5-axis Dual IS 2 yaitu penggabungan antara teknologi O.I.S. (Optical Image Stabilizer, 2-axis) serta B.I.S. (Body Image Stabilizer, 5-axis) membuat stabilisasi kamera ini untuk pengambilan foto maupun video yang lebih baik dibanding pendahulunya maupun kebanyakan kamera lainnya. Layar lipat dan bisa diputar juga membantu pengambilan foto dan video lebih mudah.


Fitur Unggulan

Belanja Panasonic Lumix G85K di GALAXYCAMERA.ID

7. Sony A6400

Sony A6400

Brand yang sudah lama berkecimpung didunia kamera ini merilis kamera buat para pencipta content creator dan vlogger. Sistem autofocus terbaru dari sony ini dklaim terkencang didunia dengan kecepatan mengunci fokus hanya 0,02 detik. Memiliki 425 titik phase detect AF dan contrast detect AF mampu melacak fokus di objek yang bergerak cepat dengan mulus dan akurat. Dengan sensor CMOS 24MP dan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) turut disematkan untuk mengunci wajah dan mata subjek secara otomatis membuat hasil foto dan video dengan cepat dan detail. Layar yang bisa diputar 180° keatas juga memudahkan selfie dan para vlogger merekam video yang bisa direkam dengan resolusi 4K.


Fitur Unggulan

Belanja Sony A6400 di GALAXYCAMERA.ID

Itulah beberapa rekomendasi kamera vlogging yang bisa dijadikan pilihan dalam memulai langkah awal anda menjadi seorang pembuat konten video. Inti dari menjadi seorang youtuber adalah niat dan keberanian dalam memulai sesuatu yang baru dan semuanya membutuhkan proses yang tidak instan. Semoga ini bisa menjadi pilihan anda dalam menjadi seorang pembuat konten yang bermanfaat dan menghibur penonton setia anda.